Simulasi FGD Oleh Mahasiswa PMI IPMAFA

     PATI (14/10/2017) "Focus Grup Discusion (FGD) merupakan diskusi kelompok terfokus dalam suatu proses pengumpulan informasi mengenai suatu masalah dengan spesifik pada suatu desa." Tutur Ibu Nur Khoiriyah, MA dalam simulasi proses FGD pada mata kuliah Participatory Rural Appraisal (PRA). Teknik ini menjadi inti dalam Program Studi (Prodi) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) mengingat dalam proses pemberdayaan masyarakat kita harus mengetahui kondisi atau permasalahan yang dihadapi oleh suatu desa sehingga ini merupakan salah satu langkah awal dari pemetaan sosial (sosial maping).
     Lebih lanjut Bu Khoir menghimbau untuk dalam proses FGD menggunakan bahasa yang dapat memahamkan masyarakat "Gunakan Bahasa Fasilitator yang dapat memahamkan masyaraakat"
 Tuturnya.
     Siti Nihayatul Maunah selaku mahasiswa yang bertugas menjadi fasilitator mengaku sangat terbantu dengan adanya simulasi ini karena dapat menjadi wadah untuk belajar, megingat menghadapi masyarakat yang beragam butuh kedisiplinan dan kepekaan yang tinggi . (Rofiq)

Post a Comment

0 Comments