Mendorong Program Penguatan Ekonomi Masyarakat Desa Boloagung Kayen Dengan Digital Marketing


Pemasaran digital menjadi keharusan oleh setiap pelaku usaha, baik usaha dalam skala kecil, menengah maupun yang sudah besar meliputi UMKM, industri rumahan atau yang sudah berbadan hukum. Pengguna internet di Indonesia di tahun 2022 mencapai 204 juta lebih sehingga mau tidak mau pelaku usaha harus menyesuaikan model pemasarannya yaitu bisa melalui media sosial, marketplace, website, konten video dan eksis di mesin pencarian.

Demikian beberapa poin yang disampaikan pada pelatihan digital marketing di desa Boloagung Kayen Pati kepada para pelaku usaha setempat, Sabtu (27/8/2022). Pelatihan diselenggarakan oleh tim KKN Mahasiswa Ipmafa dan diisi oleh Isyrokh Fuaidi, seorang pegiat pemberdayaan ekonomi masyarakat yang juga merupakan CEO pada startup Esgo yaitu layanan delivery online di wilayah Margoyoso Pati. 

Dalam paparannya, semua potensi ekonomi yang dimiliki warga seharusnya dapat diekspose dalam pemasaran digital sehingga menghasilkan keuntungan. Potensi ini tidak hanya terkait produk yang diperjual belikan tetapi juga skill seseorang. Dengan begitu akan sulit ditemukan orang yang menganggur karena penyerapan tenaga kerja lebih maksimal.

Dalam forum tersebut juga disampaikan terkait langkah-langkah teknis dalam pemasaran digital seperti produk harus dapat divisualkan secara menarik, pembuatan video, deskripsi produk, dan beberapa media pemasaran yang dapat dipakai. Semakin besar usaha yang dikelola maka dibutuhkan manajemen bisnis yang lebih profesional.

Post a Comment

0 Comments