PSSMB IPMAFA Usung Tema Reinventing Nilai Pesantren Sebagai Basis Nilai Society 5.0

Redaksi IPMAFA - Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) menyambut mahasiswa baru (maba) Tahun Akademik 2023/2024 dengan rangkaian acara orientasi kemahasiswaan yang dimulai pada Hari Senin-Kamis (28-31/08/23) di Auditorium 1 Ipmafa.

Orientasi kemahasiswaan yang dikemas dalam acara Pelatihan Success Skill Mahasiswa Baru (PSSMB) itu diikuti sebanyak 272 maba dengan mengusung tema “Reinventing Nilai Pesantren sebagai Basis Nilai Society 5.0”.

Ketua Panitia, Ahmad Bastomi, menjelaskan bahwa tema yang diusung merupakan respon dari isu yang tengah terjadi. Menurutnya Era Society 5.0 membawa perubahan yang besar pada dunia pendidikan. Perubahan terjadi dengan cepat, sehingga menuntut akademikus untuk berinovasi, dan berkreasi,

Tantangan dan problematika banyak tercipta sehingga lembaga pendidikan terutama pesantren, harus siap secara mental dan dituntut tidak hanya mampu dalam bidang keagamaan (religius) namun juga mampu mengatasi dan menghadapi gejolak era society 5.0.

“Adanya era society 5.0 ini kemudian kita memadukan dengan nilai-nilai pesantren yang selama ini mampu menjawab persoalan di masyarakat. Dengan itu (nilai-nilai pesantren) mahasiswa mampu menemukan arus utama dalam menghadapi era society,” terang Bastomi.

Ketua Panitia yang merupakan mahasiswa PBA semester 5 itu juga menyebutkan tujuan PSSMB sebagai ruang untuk mengenalkan kehidupan kampus, mahasiswa memahami Visi Misi IPMAFA sekaligus ajang bersilaturahmi antar mahasiswa baru dengan seluruh elemen kampus.

Lebih lanjut Bastomi menjelaskan PSSMB tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Perbedaan terletak pada keikutsertaan maba regular dan non regular (ekstensi). Sebelumnya, maba ekstensi diperbolehkan mengikuti kegiatan walau hanya sehari, namun kali ini diwajibkan mengikuti PSSMB hingga akhir.

“Kami memandang pentingnya semua materi yang ada di PSSMB, kalau cuma satu hari kasihan maba, tidak mengikuti materi selanjutnya sehingga ilmu yang diperoleh menjadi tidak maksimal,” tambahnya.

Secara resmi PSSMB dibuka oleh Wakil Rektor I Dr. A. Dimyati, M.Ag. dengan kegiatan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh peserta, panitia dan jajaran civitas akademik di halaman kampus.

Seksi Acara, Shobruna Ayu Fitriani mendetail rundown acara yang dimulai dengan opening ceremony, penyampaian 15 materi yang disampaikan selama 3 hari berturut-turut. Diantaranya materi Keipmafa-an disampaikan pada hari pertama oleh Wakil Rektor III Wakrodi, M.Si.

“Penyampaian materi dilaksanakan selama 3 hari mulai hari ini (Senin, 28/8/23), jadi setiap hari ada 5 materi yang akan disampaikan oleh narasumber yang berbeda,” jelas Shobruna. (Nis-03/Uha-01)

Post a Comment

0 Comments