Workshop Kepenulisan Keluarga KIP-K IPMAFA, Mahasiswa Harus Melek Literasi

 

Redaksi IPMAFA – Divisi Jurnalistik Keluarga Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) Kamis lalu (30/11/2023), di Aula Putra Ma’had Jami’ah Mathaliul Falah.

Ketua Penitia PJTD, Aizza Laily menjelaskan bahwa kegiatan tersebut di peruntukkan bagi mahasiswa penerima KIP-K IPMAFA.

“Ini adalah kegiatan awal kami yang nantinya akan dilanjutkan dengan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut,” jelas Aizza.

Ia menambahkan bahwa tujuan diadakannya PJTD ini adalah membekali mahasiswa agar melek literasi (baca-tulis) serta mampu menulis dengan baik dan benar.

Narasumber kegiatan, Siswanto, M.Sos menjelaskan dalam dunia literasi, yang dibutuhkan adalah konsistensi menulis dan membaca.

“Setiap orang harus menulis, sepintar atau sekaya apa pun  seseorang apabila tidak menulis maka namanya akan musnah ditelan zaman,” ungkap Siswanto.

Ia menjelaskan bahwa segala sesuatu harus dimulai dari bawah agar faham dengan yang dilakukan, salah satunya adalah menulis. Berita adalah salah satu hal yang bisa dijadikan dasar dalam latihan menulis.

“Berita sebagai bentuk pelatihan dasar mahasiswa dalam mendeskripsikan fenomena, di dalamya harus terdapat unsur 5W dan 1H, serta dalam penulisan berita harus aktual, update, dan unik,” tambahnya.

Siswanto mengajak seluruh peserta untuk langsung praktik menulis, harapannya dengan langsung praktik semua kegelisahan bisa disampaikan dan mahasiswa bisa menulis dengan benar. (Siswanto/Aen-02/Uha-01)

Post a Comment

0 Comments